Penanganan Covid-19, Menteri Sosial Juliari Hadiri Pemberian Kartu Sembako Oleh Pemkot Tangsel Kepada Warga Kelurahan Sawah

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Sosial melaksanakan pemberian bantuan sosial melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam rangka penanganan dampak ekonomi akibat adanya wabah virus Corona atau Covid-19 kepada 198 warga masyarakat Kelurahan Sawah. Kegiatan pemberian bantuan JPS tersebut dilaksanakan pada Selasa (21/04/2020) pagi, di kantor Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara dan didampingi oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toto Sudarto, Camat Ciputat Andi Patabai dan juga Sekcam Ciputat H Ali Akbar.

Kepada MediaBantenCyber.co.id pada Selasa (21/04/2020) pagi, usai pelaksanaan kegiatan acara bantuan sosial penyerahan kartu Sembako secara simbolis. Wahyunoto Lukman Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan mengatakan bahwa, melalui bantuan – bantuan sosial baik yang bersumber dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial maupun dari sumber APBD Provinsi Banten, semuanya akan difasilitasi dengan baik dan cepat oleh Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Sosial.

“Apalagi bantuan sosial yang bersumber dari anggaran APBD Kota Tangsel maka akan kami laksanakan secepatnya untuk membantu ketahanan sosial ekonomi warga Kota Tangsel yang terdampak virus Covid-19. Dan yang utama adalah data penerima bantuan sosial tersebut haruslah valid dan benar – benar tepat sasaran bagi yang membutuhkan bantuan. Pihak – pihak non pemerintahan juga begitu banyak yang sudah menyalurkan bantuan kepada warga masyarakat. Sudah saatnya sekarang kita bersatu membantu warga masyarakat yang terdampak ekonominya akibat wabah Covid-19, selain kita bersatu juga untuk PERANG MELAWAN COVID-19,” tandas Kadis Sosial Kota Tangsel Wahyunoto Lukman.

Sementara itu Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara saat menyampaikan keterangan dihadapan puluhan awak media lokal dan nasional menyatakan bahwa kehadirannya di Kota Tangsel tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Walikota Tangsel Airin Rachmi Diani untuk menyaksikan secara langsung pemberian secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga Kota Tangsel yang secara simbolis diberikan kepada warga Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat.

“Saya hadir disini memenuhi undangan dari Walikota Tangsel ibu Airin untuk melihat secara langsung pemberian bantuan sosial berupa kartu Sembako yang diberikan oleh Kementerian Sosial untuk warga masyarakat Kota Tangsel. Kartu Sembako tersebut dicetak oleh Bank BNI dan dapat dipakai untuk pembelian khusus Sembako di warung – warung Sembako yang sudah diajak kerjasama oleh Pemkot Kota Tangsel,” terang Juliari Menteri Sosial RI.

Ditambahkan oleh Menteri Sosial RI bahwa bantuan sosial berupa kartu Sembako tersebut merupakan bantuan khusus dalam rangka menangani dampak ekonomi dan sosial akibat adanya wabah virus Corona atau Covid-19. Dan bantuan kartu Sembako tersebut diberikan kepada para PKM baru selain para penerima bantuan PKH yang sudah menerima bantuan rutin setiap bulan atau Triwulan dari Kemensos RI.

Ditempat yang sama, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa, selain 36 ribu jumlah warga masyarakat Kota Tangsel penerima bantuan sosial dari Kemensos, direncanakan akan ada tambahan lagi sebanyak 45 hingga 50 ribu lagi penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial untuk warga masyarakat Kota Tangerang Selatan. Dan juga akan ada bantuan sosial dari Provinsi Banten kepada warga masyarakat Kota Tangsel dalam bentuk uang yang akan ditransfer ke rekening masing – masing warga penerima bantuan dari Gubernur Banten tersebut.

“Jangan dilihat jumlahnya karena ini sifatnya adalah bantuan sosial, warga masyarakat penerima bantuan dari Gubernur Banten tersebut dapat membelikan Sembako di warung mana saja yang mereka mau. Dan melalui kesempatan ini saya juga ingin mengajak kepada teman – teman media untuk memantau secara langsung pelaksanaan penyaluran bantuan sosial ini dengan baik, apakah sudah sesuai ketentuan siapa – siapa yang menerimanya kepada yang berhak, jika teman – teman media menemukan adanya penyimpangan di lapangan, maka tolong laporkan kepada saya maupun kepada tim pengawas penyaluran bantuan sosial Pemkot Tangsel dengan valid dan benar,” pungkas Airin Walikota Tangsel. (BTL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello
Can we help you?
.