Walikota Tangsel Membuka Sarasehan-1 Dispora Kota Tangerang Selatan Tentang Penanganan Cidera Olahraga dan Sport Massage, Peserta Membludak Antusias

MediaBantenCyber.co.id (MBC) Kota Tangerang Selatan, Guna meningkatkan kemampuan, kualitas dan kompetensi guru-guru olahraga SD, SMP, SMA / SMK dan juga guru-guru Madrasah se-Kota Tangerang Selatan dalam bidang penanganan Cidera Olahraga kepada para siswa dan atlet Olahraga, bertempat di Resto Saefisan BSD, Serpong, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan, Selasa (02/08/2022) pagi, menggelar kegiatan Sarasehan-1, yang mengambil tema tentang Penanganan Cidera Olahraga dan Sport Massage bagi para siswa dan atlet- atlet Olahraga di Kota Tangerang Selatan.______________Baca Juga : Walikota Benyamin Davnie dan Wakilnya Pilar Serta Prof Din Syamsudin Hadiri Halal Bi Halal PDM Muhamadiyah Kota Tangsel

Kepada MediaBantenCyber.co.id, di lokasi kegiatan, Drs. Gatot Sukartono, M.Or Kasie bidang Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan menjelaskan bahwa, kegiatan Sarasehan-1 ini diikuti oleh kurang lebih 120 guru-guru olahraga SD, SMP, SMA/SMK dan juga guru-guru olahraga sekolah Madrasah se-Kota Tangerang Selatan. Menurut Gatot, ada beberapa hal dan tujuan dari diselenggarakan kegiatan Sarasehan-1 guru-guru olahraga tersebut.

“Sarasehan ini dilaksanakan memiliki beberapa tujuan, antara lain, pertama sebagai ajang silaturahmi antara guru-guru olahraga dan juga saling sharing berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang cara melatih olahraga dan penanganan cidera olahraga para siswa/atlet saat berolahraga, kedua untuk meningkatkan indeks pembangunan olahraga baik olahraga untuk pendidikan ataupun untuk prestasi, yang ketiga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru olahraga tentang manfaat olahraga, dan yang keempat untuk membantu guru-guru olahraga dalam meningkatkan kredit point agar dapat memenuhi sertifikasi dan kenaikkan pangkat sebagai guru olahraga,” terang Gatot.

Baca Juga : Pengurus Dewan Da’wah Kota Tangsel Jalin Silaturrahmi dengan Walikota Benyamin Davnie

Dalam kesempatan yang sama, Hj. Mursinah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan Sarasehan-1 Dispora Kota Tangsel oleh Kasie bidang Prestasi. Menurut Mursinah, apa yang dilakukan oleh Dispora Kota Tangsel melalui Kasie bidang Prestasi ini merupakan bagian dari hadirnya Pemerintah daerah Kota Tangerang Selatan dalam menyiapkan SDM-SDM khususnya guru-guru olahraga yang berkualitas dan berkompeten di sekolah-sekolah Kota Tangerang Selatan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dispora Kota Tangsel untuk melaksanakan Undang-undang No 3 tahun 2005 tentang sistem Keolahragaan Nasional bahwa ruang lingkup olahraga meliputi olahraga untuk pendidikan, prestasi dan juga untuk rekreasi. Dan kegiatan Sarasehan ini merupakan upaya Dispora Kota Tangsel untuk melaksanakan amanat Undang-undang Keolahragaan Nasional tersebut dengan berupaya untuk meningkatkan kualitas, kemampuan dan kompetensi guru-guru olahraga SD, SMP, SMA / SMK dan juga guru-guru Madrasah se-Kota Tangerang Selatan dalam hal kemampuan menangani masalah cidera olahraga para atlet olahraga saat berlatih maupun saat akan bertanding,” ujar Mursinah.

Baca Juga : Walikota Benyamin Davnie dan Sekum PP Muhammadiyah Hadiri Silaturahmi BERKEMAJUAN PDM Kota Tangerang Selatan

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Drs Benyamin Davnie, saat membuka acara Sarasehan-1 Dispora Kota Tangerang Selatan, memaparkan bahwa, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Sarasehan tentang Penanganan masalah Cidera olahraga dari para atlet. Karena menurutnya, kegiatan ini merupakan forum yang dapat mempertemukan berbagai stakeholder olahraga untuk mencari solusi, mengidentifikasi permasalahan di bidang olahraga. 

Dan dalam Sarasehan ini, pihak panitia memfokuskan pada permasalahan pencegahan cidera olahraga para atlet, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru-guru olahraga agar dapat mengetahui cidera yang terjadi pada sistem otot dan rangka tubuh selama berolahraga. 

Baca Juga : Walikota Benyamin Davnie Lantik M Subhan Ketua Baznas Kota Tangsel dan 4 Komisioner Pimpinan Periode 2022-2027

“Bidang olahraga ini menyangkut dua ruang lingkup, yaitu olahraga untuk pendidikan dan olahraga untuk untuk rekreasi. Dan kedua ruang lingkup tersebut akan menjadi fondasi bagi ruang lingkup Prestasi. Semakin baik budaya olahraga dilingkungan pendidikan dan masyarakat, maka akan semakin besar peluang untuk meningkatkan olahraga prestasi pada tingkatan yang lebih optimal,” tegas Bang Bens, sapaan akrab Walikota Tangerang Selatan.

Walikota Tangsel itu berharap Sarasehan ini dapat menjadi pengetahuan dan keterampilan para guru-guru olahraga SD, SMP, SMA / SMK dan juga guru-guru Madrasah se-Kota Tangerang Selatan dalam penanganan cidera atlet, kelalaian berolahraga untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan oleh para atlet yang mengalami cidera.

Baca Juga : Hamka Handaru Calon Kuat Ketua KONI Kota Tangsel Temui Walikota Benyamin Davnie

Dalam kegiatan Sarasehan-1 Dispora Kota Tangsel tersebut, pihak panitia acara mengundang beberapa ahli kesehatan olahraga yang sangat berkompeten untuk menyampaikan materi tentang Penanganan Cidera Olahraga dan Sport Massage kepada para peserta. Adapun yang menjadi narasumber tersebut antara lain, Dr. Bambang KS, M.Pd (mantan atlet Sepakbola dan pemain klub Persita Tangerang), Dr. H. Syamsudin, M.Pd  serta Dr. Wahyuningtyas Puspitorini,  M.Kes AIFO (fakultas ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta/UNJ).

Baca Juga : Walikota Benyamin Davnie Melepas Dua Warga Muhammadiyah dan Jamaah FMMB BSD Tunaikan Ibadah Haji dengan Gowes Sepeda

Dan acaranya Sarasehan tersebut dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama pada pagi harinya pukul 10.00 Wib diisi oleh pemateri Dr. Bambang KS, M.Pd dan sesi kedua pukul 13.00 Wib hingga pukul 15.00 Wib diisi oleh dua pemateri antara lain, Dr. H. Syamsudin, M.Pd dan Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, M.Kes. Para peserta tampak sangat antusias dengan kegiatan Sarasehan tersebut, hal ini terlihat saat sesi tanya jawab dengan para pembawa materi, pembawa acara Gatot Sukartono yang juga Kasie bidang Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangsel tersebut harus membatasi jumlah para penanya yang berebut untuk mengajukan berbagai pertanyaan kepada para narasumber.(BTL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello
Can we help you?
.