2022, Desa Kampung Melayu Barat di Kabupaten Tangerang Jadi Desa Mandiri

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Kabupaten Tangerang, Berdasarkan Indeks Desa Mandiri (IDM) 2021 ke IDM 2022 tercatat ada 4 Desa yang statusnya naik menjadi desa mandiri di antaranya, Desa Kampung Melayu Barat Kecamatan Teluknaga, Desa Bitung Jaya kecamatan Cikupa, Desa Pagedangan kecamatan Pagedangan dan Desa Cibadak. Bahkan diketahui 4 desa tersebut sudah memenuhi target RPJMD tahun 2023.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana, S.STP, dalam rilisnya yang diterima MediaBantenCyber.co.id pada Sabtu (16/07/2022) siang.

“Alhamdulillah di tahun 2022 ada 4 desa yang naik statusnya menjadi desa mandiri,” katanya.

Diungkapkan Dadan, desa mandiri memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk mensejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi/lingkungan yang berkelanjutan.

“Barometer desa maju menjadi desa mandiri dinilai dari beberapa aspek, diantaranya ketersediaan sarana pendidikan, ketersediaan sarana kesehatan dan kebencanaan,” ujar Dadan.

Baca Juga : Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Indonesia Best CEO Awards 2022

Menurut Dadan Gardana, dengan meningkatnya status desa tersebut, ke depan secara otomatis pemerintah akan menambahkan anggaran untuk desa-desa tersebut sesuai ketentuan Kementrian Desa (Kemendes).

“Bagi pemerintah desanya sendiri akan ditambah anggaran-anggaran sesuai perhitungan Kemendes,” jelasnya.

Baca Juga : Cabor Kota Tangsel Gelar Pertemuan Bahas Persiapan Porprov Banten 2022 Dan Keluhkan Anggaran Pembinaan Atlet Yang Belum Dicairkan

Pihaknya juga berharap, desa-desa yang ada di Kabupaten Tangerang bisa mengikuti tahapan – tahapan yang sudah pihaknya tentukan sesuai angka IDM.

Baca Juga : KONI Kota Tangsel Gelar Kickoff Persiapan Porprov VI Banten Tahun 2022

“Kita akan tingkatkan juga status desa yang masih berstatus berkembang menjadi desa maju, tinggal kita push disisi perencanaannya saja,” pungkasnya.

Baca Juga : Wali Kota Serang Targetkan Perbaikan 2022 Masalah Kantor Kelurahan Rusak Bisa Kelar

Baca Juga : Mediasi Antara SDN Bugel 4 dan Wali Murid Berakhir Damai, Pihak Sekolah Bantah Pemberitaan yang Sebut Diduga Guru Tak Becus Mendidik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello
Can we help you?
.