Pengukuhan Pengurus DPC, Mande Macan Guling Lakukan Tradisi Keceran

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Serang, Lestarikan budaya luhur, perguruan Pencak Silat Mande Macan Guling lakukan Tradisi Keceran sekaligus laksanakan Pengukuhan Pengurus DPC Mande Macan Guling Kota Serang, Kamis (21/11/2019) Malam.

“Ini merupakan suatu tradisi kita yang tiap tahun diadakan tiap bulan mulud di hari jum’at terakhir.” Kata ketua DPP Banten Mande Macan Guling Deni Asisandi usai acara, Jum’at, (22/11/2019) dini hari.

Deni juga menjelaskan, Tradisi keceran ini bukan hanya tradisi untuk membersihkan mata secara fisik saja, namun juga batin.

“Keceran ini bukan saja bertujuan untuk membersihkan mata fisik kita agar lebih awas dan peka, namun juga mata batin kita juga, agar lebih peka terhadap segala sesuatu yang baik ataupun yang tidak baik, agar nantinya dapat bisa lebih waspada dari hal – hal yang kurang baik yang nantinya kita akan peka dari sesuatu hal yang buruk.” Ungkapnya.

Mande Macan guling sendiri, terang Deni, dari delapan kota kabupaten yang ada di Banten, kini telah ada dan menyebar hingga di empat daerah luar Banten.

“Kita saat ini beranggotakan hampir empat ribu lebih, di empat Provinsi kita ada di Provinsi Lampung, Provinsi DKI, Provinsi Bandung dan Provinsi Banten, dan untuk Banten kita ada dalam pembinaan IPSI kota dan Provinsi Banten, karena Macan Guling ini bagian dari IPSI.” Terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin yang turut hadiri acara tersebut berharap, tradisi keceran yang memang menjadi salah satu tradisi khas daerah ini dapat terus dilestarikan kedepannya.

“Kita berharap tradisi semacam ini yang merupakan tradisi khas dari daerah kita ini dapat terus dilestarikan, karena memang ini diadakan tiap bulan maulid, ya saya harap dapat diadakan setahun sekali, dan juga dari paguronnya kita juga berharap dapat bisa membina anggotanya agar bisa berprestasi dalam ajang – ajang kejuaraan Pencak Silat, baik itu Lokal, Nasional bahkan Internasional, karena pancak silat ini pun salah satu beladiri asli Indonesia, dan di Banten ini tersebar keberadaannya.” Harapnya. (Fz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello
Can we help you?