Ramadhan Baitussalam Peduli Covid-19, Santuni 600 Yatim Piatu Dan Dhuafa

oleh -416 views

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Kota Tangerang Selatan, Dalam rangka membangun rasa kepedulian sosial dan kemanusiaan terkait mewabahnya pandemi virus Corona atau Covid-19 dikalangan para jamaah Masjid Baitussalam The Green BSD Serpong, DKM Masjid Baitussalam, Minggu (17/05/2020) pagi, kembali mengadakan kegiatan “Ramadhan Baitussalam Peduli Covid-19” dalam bentuk pemberian santuna sebanyak 600 paket Sembako kepada Yatim dan Dhuafa dilingkungan sekitar Masjid Baitussalam.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG) H Mohammad Suryo Alam, Ketua DKM Masjid Baitussalam Ustadz H Djindar Rohani, Ketua Panitia acara H Dodi Riyadi, Koordinator Santunan Yatim Piatu Baitussalam  H Dwi Arinto Nugroho, Koordinator Lapangan untuk pendistribusian Zakat dan Paket sembako Baitussalam Peduli H Irawan Aquaranto, Koordinator Keamanan H Nasrullah serta Lurah Cilenggang H Umar Dhani.

Kepada MediaBantenCyber.co.id, Ketua DKM Masjid Baitussalam Ustadz Djindar Rohani mengatakan bahwa rangkaian program kegiatan Ramadhan Baitussalam Peduli Covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan sukses berkat kerjasama yang sangat baik antara DKM Masjid Baitussalam dengan pihak Baznas pusat dan juga jamaah Masjid Baitussalam The Green BSD yang sangat militan dalam bersedekah dan berinfaq dengan ketulusannya untuk semata – mata mengharapkan keridhoan dari Allah SWT.

“Alhamdulillah, pelaksanaan rangkaian program kegiatan Ramadhan Baitussalam Peduli Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik dan sukses melalui dua tahapan. Dimana tahapan pertama pada tanggal 7 Mei yang lalu telah sukses kami laksanakan dengan memberikan bantuan sebanyak 550 paket sembako kepada para Mustahik atau orang yang berhak seperti, ojol online dan juga pangkalan, para security dan tukang sapu The Green, para pembatu rumah tangga serta para pekerja harian lainnya. Dan untuk kegiatan program santunan kepada 600 Yatim dan Dhuafa kali ini pihak panitia acara mengeluarkan anggaran sebesar Rp 60 juta rupiah dimana yang 25 juta rupiah berasal dari sumbangan Baznas Pusat, dan 35 juta rupiah bsrasal dari jamaah masjid Baitussalam,” terang Ustadz Djindar.

Ditambahkan oleh Ustadz Djindar Rohani yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Presidium Forum Komunikasi Masjid Musholah BSD (FMMB) dan sekitarnya tersebut, kegiatan kali ini merupakan juga rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Milad Masjid Baitussalam yang ke 10 dan merupakan gabungan dari beberapa kegiatan seperti : Pemberian santunan anak yatim piatu di kelurahan Cilenggang dan juga kelurahan Serpong sebanyak 600 orang. Yang kedua penyerahan paket sembako dari program Baitussalam Peduli Covid-19 jilid 2 sebanyak 500 paket dan yang ketiga adalah penyaluran Zakat Fitrah yang terkumpul dari para Jamaah masjid Baitussalam kepada 600 Mustahik.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG) H Mohammad Suryo Alam menyatakan bahwa dalam menjalankan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaannya dan juga kegiatan kerohanian lainnya di bulan Ramadhan dalam situasi pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, DKM Masjid Baitussalam beserta para jamaahnya selalu menggunakan protokol yang ketat sesuai arahan dari pihak pemerintah pusat dan daerah.

“Kami belajar dari sejarah para Nabi dahulu saat di Lockdown seperti Nabi Yunus saat didalam perut ikan Paus, Nabi Yusuf saat dipenjara serta Nabi Muhammad SAW saat lockdown di Gua Hiro. Dimana kami diajarkan bagaimana cara menghadapi sebuah musibah atau bala bencana adalah dengan makin meningkatkan ibadah seperti berdzikir, berdoa dan juga bersedekah. Karena melalui Sedekahlah maka kita akan dapat terhindar dari sesuatu yang buruk dan bala bencana yang dapat menimpa kita. Itulah yang selama ini selalu istiqomah dilakukan oleh para jamaah masjid Baitussalam,” ungkap Ketua Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG) H Mohammad Suryo Alam.

Ditempat yang sama, H Umar Dhani Lurah Kelurahan Cilenggang menyampaikan rasa terima kasihnya yang sangat besar kepada para jamaah dan juga pengurus DKM Masjid Baitussalam The Green BSD. Menurutnya dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di semua wilayah termasuk di wilayahnya kelurahan Cilenggang, kecamatan Serpong, jumlah orang – orang miskin atau kurang mampu melonjak menjadi cukup banyak jumlahnya.

“Di wilayah kelurahan Cilenggang ada 1500 orang yang telah kami catat dan daftarkan kepada pihak dinas sosial Kota Tangsel untuk mendapatkan bantuan sosial. Akan tetapi hingga saat ini baru sekitar 750 orang warga kurang mampu yang sudah mendapatkan bantuan sosial dari dinas sosial Kota Tangsel dan juga Kementerian Sosial RI. Nah dengan adanya bantuan dari masjid Baitussalam  untuk warga kelurahan Cilenggang sebayak 300 lebih paket Sembako ini, sangatlah membantu warga kami yang belum mendapatkan bantuan sembako tersebut. Sekali lagi saya lurah Cilenggang mewakili warga mayarakat mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah dan pengurus DKM masjid Baitussalam atas pemberian bantuan sosial ini,” pungkas H Umar Dhani Lurah Cilenggang. (BTL)

Tinggalkan Balasan