Penyisihan Piala Dunia Group G, Timnas Indonesia Pecah Telur Tahan Imbang Thailand 2-2

oleh -4.581 views
Timnas Indonesia Pecah Telur Tahan Imbang Thailand 2-2

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Dubai, Timnas Indonesia akhirnya berhasil memecahkan keterpurukan dalam babak kualifikasi Penyisihan Piala dunia 2022 setelah Kamis (03/06/2021) malam, berhasil menahan imbang timnas Thailand 2-2. Hasil tersebut sekaligus memecahkan rekor timnas Indonesia yang Tidak Pernah Menang dalam 5 laga sebelumnya yang selalu menelan kekalahan. Partai klasik musuh bebuyutan antara timnas Indonesia Vs Thailand berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pukul 23.45 WIB. Dan partai ini merupakan laga keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk timnas Indonesia.

Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu 0-1 pada menit kelima. Timnas negara Gajah Putih Thailand mencetak gol lewat Narubadin Weeratwatnodom. Dan diakhir babak pertama, timnas Indonesia memaksa skor imbang 1-1 melalui pemain I Kadek Agung, yang sukses membobol gawang Thailand.

Dan Thailand kembali unggul di awal babak kedua dan skor menjadi 2-1 untuk timnas Thailand, namun Thailand gagal mempertahankan keunggulannya atas timnas Indonesia setelah Evan Dimas Darmono membawa timnas Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hasil imbang tersebut membuat timnas Thailand tetap berada di posisi ketiga Grup G dengan sembilan poin. Uni Emirat Arab naik ke posisi kedua dengan sembilan poin setelah mengalahkan Malaysia 2-0 dan unggul selisih gol dari Thailand. Sedangkan timnas Malaysia dari posisi kedua melorot ke urutan keempat dengan sembilan poin, kalah selisih gol dari UEA dan Thailand. Sementara timnas Indonesia tetap berada di dasar klasemen, namun kini berhasil pecah telur dengan mengoleksi satu poin.

Kemelut terjadi di kotak penalti Indonesia dari hasil korner Thailand pada menit kelima. Bola yang dilepaskan Narubadin Weeratwatnodom pun mampu menembus kerumunan pemain Indonesia dan membawa War Elephant unggul 1-0.Thailand mengancam di menit keempat. Pathompon Charoenrattanapirom melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan Nadeo Argawinata mampu menepis bola hingga berbuah korner untuk Thailand.

Sampai laga berjalan 10 menit, Skuad Garuda masih kesulitan mengancam Thailand. Di sisi lain, tim besutan Akira Nishino mampu menekan lewat sisi lapangan.

Baca Juga : Pelatih Dan Kapten Timnas Indonesia Tantang Suporter Fanatik Indonesia Getarkan Stadion GBK di Partai Indonesia-Malaysia

Eky Maulana Vikri melepas umpan yang bagus kepada Asnawi Mangkualam di menit ke-14. Pemain asal Makassar itu kemudian berhasil masuk ke kotak penalti Thailand dan melepas tembakan, tapi bola sedikit melebar dari gawang lawan.

Thailand kembali mengancam lewat korner di menit ke-15. Narubadin mendapat bola liar untuk melepas tembakan, tapi arahnya masih di atas gawang Indonesia.

Thanawat Suengchittahawon membuat ancaman di menit ke-24. Bola tembakannya dari luar kotak penalti sedikit melebar dari gawang Nadeo.

Baca Juga : Timnas Senior Indonesia Keok Diterkam Dan Dipermalukan Harimau Malaya Dihadapan Puluhan Ribu Suporter Fanatiknya 

Giliran Ernesto yang membuat ancaman ke gawang Indonesia di menit ke-26. Bola tembakan bek Thailand itu masih mengarah tepat di pelukan Nadeo.

Syahrian Abimanyu bikin umpan sip ke kotak penalti Thailand di menit ke-38. I Kadek Agung tanpa terduga muncul di kotak penalti lawan dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Siwarak Tedsungnoen untuk mengubah skor menjadi 1-1.Pergerakan Witan Sulaeman di menit ke-32 merepotkan pertahanan Thailand. Dia sukses masuk ke tengah kotak penalti, tapi berujung pelanggaran karena tekelnya ke kiper lawan saat mengejar bola yang lepas kontrol.

Jangan Lewatkan : Menunggu Klarifikasi Pemerintah Terkait Nasib Jamaah Haji Indonesia

Indonesia tampak lebih bergairah selepas menyamakan skor. Beberapa tekanan ke pertahanan Thailand dilakukan, namun tak mengubah hasil imbang hingga turun minum.

Thailand sukses kembali unggul 2-1 saat babak kedua baru berjalan enam menit atau tepatnya di menit ke-51. Bola umpan sundulan Suphan Thongsong berhasil diteruskan dengan kepala Adisak Kraisorn.

Indonesia coba bereaksi cepat untuk mencari gol penyeimbang. Bola tembakan Egy pada menit ke-54 masih melebar di sisi gawang Thailand.

Baca Juga : Galeri Timnas U-19 Siapkan Cara Berbeda Untuk Lawan Vietnam

Kerja keras Indonesia berhasil membuahkan gol di menit ke-60. Berawal dari tembakan Eky yang diblok lawan, bola kemudian jatuh di kaki Evan Dimas, yang berada di depan gawang untuk menyamakan skor menjadi 2-2.

Evan Dimas melakukan penetrasi ke kotak penalti Thailand dari sisi kanan di menit ke-67. Dia kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi bola berhasil dimentahkan Siwarak.

Thailand coba menekan untuk kembali mencari gol untuk memimpin. Di sisi lain, Indonesia bertahan cukup oke dan ada pula kartu kuning untuk Shin Tae-yong karena protes kepada wasit di menit ke-78.

Baca Juga : Tolak Kenaikan IPL Penghuni Apartemen Green Lake View Ciputat Datangi Kantor Marketing Dan Pengelola

Para pemain Indonesia tampak mulai kelelahan di 10 menit akhir pertandingan. Secara total pelatih Shin Tae-yong sampai harus bikin tiga pergantian di kurun waktu beragam karena pemain mengalami cedera.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Kedua tim harus puas main imbang 2-2.

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan, Kadek Agung (Rachamt Irianto (83′), Syahrian Abimanyu (M.Rafli 83′), Egy Maulana (Osvaldo Haay 62′), Evan Dimas, Witan Sulaiman (Adam Alis 69′), KH Yudo (Genta Alparedo 83′).

Thailand: Siwarak Tedsungnoen, Suphan Thongsong, Manuel Tom Bihr, Sarach Yooyeen, Adisak Kraisorn, Thanawat Suengchittahawon, Ernesto, Pathompon Charoenrattanapirom, Narubadin Weeratwatnodom, Phitiwat Sookjitthammakul, Ekanit Panya.(BTL)