Anies Baswedan Ajak Panitia Qurban Gunakan Wadah Besek Bambu

MediaBantenCyber.co.id – (MBC) Jakarta, Menjelang pelaksanaan hari Raya Idul Adha atau hari Raya Qurban 1440 Hijriyah, Gubernur DKI Jakarta H Anies Baswedan memberikan sikap Keseriusannya untuk melibatkan para Petani Bambu dan juga Pengrajin Anyaman Bambu untuk dapat menyediakan Puluhan bahkan Ratusan Ribu Besek sebagai Pengganti kantung Plastik Kresek berwarna Hitam yang pada Tahun – tahun sebelumnya Dipergunakan oleh Pantia Qurban sebagai Kantong wadah Daging Qurban.

Gubernur tampan yang Cerdas dan dikenal sangat Religius serta dekat dengan Warga Masyarakat khususnya kaum Emak – emak tersebut yakin, wadah Besek yang berbahan dasar Bambu tersebut sangat ramah Lingkungan (Mudah Terurai) dan akan memberikan Keuntungan kepada para Perajinnya.

“Menjelang perayaan Idul Adha atau hari raya Qurban 1440 Hijriyah atau 11 Agustus Tahun 2019 ini, saya mengundang kepada para Pengrajin anyaman Besek Bambu untuk dapat memasok hasil Anyaman Bambunya ke Jakarta. DKI Jakarta butuh Anyaman Bambu itu untuk Idul Adha. Anyaman Bambu Itu sangat ramah Lingkungan dan sangat Bermanfaat untuk mengatasi masalah Sampah di DKI Jakarta. Dengan anyaman Bambu tersebut juga akan menggerakkan Ekonomi Masyarakat serta memberikan Manfaat bagi Petani Bambu dan para Pengrajin Besek di berbagai Wilayah di Indonesia,” tandas Anies Baswedan. Selasa (30/7/2019).

Anies menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan suplai Besek Bambu untuk membagikan Daging Qurban melalui PD Pasar Jaya. Disamping itu, Dirinya juga mengundang Petani dan Perajin Besek Bambu untuk ikut Berkontribusi menyiapkan Besek tersebut dalam jumlah Besar.

“Kalau besek Bambu itu pasti yang membuat pada pelaku Ekonomi Mikro Kecil Masyarakat. Itu berarti kita Konsen untuk menggerakkan Perekonomian di Level bawah,” ujar Anies.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta H Andono Warih mengimbau agar Panitia Idul Adha di DKI Jakarta untuk tidak menggunakan Kantong Plastik Kresek Hitam lagi untuk Wadah Daging Qurban yang akan dibagikan kepada Masyarakat. Selain Berbahaya karena mengandung Zat Kimia, kantong Plastik juga Bahannya sangat Sulit Terurai dan sangat Merusak Lingkungan serta Ekosistem seluruh Mahluk Hidup.

“Kita upayakan sekuat Tenaga dan Pikiran demi Meminimalisasi Pencemaran Lingkungan dari Bahan – bahan yang membahayakan Kesehatan seluruh Mahluk Hidup. Kami himbau agar Panitia Qurban menggunakan Wadah yang ramah Lingkungan, seperti Daun Pisang, Daun Talas, Besek Bambu, Besek Daun Kelapa, Besek Daun Pandan atau Bahan Ramah Lingkungan lainnya yang mudah dijumpai di sekitar Lingkungan kita,” pungkasnya. (BTL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Hello
Can we help you?
.