Baitul Hikmah Tebarkan Daging Qurban untuk Penguatan Kesalehan Spiritual dan Sosial

oleh -2.350 views
Baitul Hikmah Tebarkan Daging Qurban untuk Penguatan Kesalehan

Oleh: Ustadz H. Suradi, SE, MM (Ketua Umum DKM Baitul Hikmah Nusaloka BSD) MediaBantenCyber.co.id (MBC) Kota Tangerang Selatan, Berkumandangnya gema takbir. Hari itu tepatnya Ahad, 10 Juli 2022 berkumandanglah gema takbir di area masjid Baitul HIkmah BSD Nusaloka Sektor XIV.5 untuk menyambut datangnya Idul Adha 1443H. Seusai menunaikan sholat subuh secara berjamaah maka para jamaah pun bergegas kembali ke rumah masing-masing untuk mempersiapkan diri dan keluarga tunaikan sholat Idul Adha 1443H di area terbuka depan sekolah Solideo dan eks RS Bunda Dalima BSD.

Salam dan sapa. Suradi selaku Ketua Umum DKM Masjid Baitul Hikmah menyampaikan salam dan menyapa kepada masyiral muslimin wal muslimat para guru, para alim ulama, umara, tokoh masyarakat, para muqorrib, para santri dan jamaah sholat Idul Adha 1443H rohimakumullah. Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah  atas segala rakhmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga  bisa menunaikan rangkaian kegiatan ibadah  Qurban 1443H dalam keadaan sehat, semangat dan tebarkan manfaat. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada teladan kita Rasulullah, keluarganya, sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Kesempatan berharga dan mulia. Dalam kesempatan yang berharga dan mulia ini, Ketua Umum DKM Baitul Hikmah sebagai pelayan 2 tempat mulia masjid Baitul Hikmah dan Baitul Yatim yang secara operasional di bawah kendali Yayasan Keluarga Muslim Nusaloka (YKMN) menyampaikan data dan informasi hewan qurban. Alhamdulillah atas ijin Allah terkumpul sebanyak 29 ekor sapi dan 67 ekor kambing atau domba (posisi pada pk 00 Ahad, 10 Juli 2022) dari para muqorrib baik secara perorangan atau secara kolektif (1 ekor sapi dari 7 orang). Dibandingkan dengan tahun sebelumnya 1442H titipan hewan qurban sapi terdapat pertumbuhan sebesar 32 % (dari 22 ekor sapi menjadi 30 ekor sapi) dan hewan qurban kambing sebesar 188%  (dari 24 ekor menjadi 69 ekor). 

Syukur, Professional dan Melepas ego Kepemilikan.  

Eddie R. Darajat selaku Ketua Yayasan Keluarga Muslim Nusaloka (YKMN) mengungkapkan rasa syukur yang mendalam di masa pandemi yang masih menyelimuti dan merebaknya wabah hewan PMK serta terkadang terkendala dalam mengais rezeki namun tetap meningkatkan ghirah dan semangat untuk berqurban sehingga jumlah hewan qurban pun semakin bertambah banyak. Apresiasi kepada panitia pelaksana yang dikomandani oleh Dwi Roesdarmanto (Totok) yang bekerja secara profesional mengikuti kebijakan umara, dan semakin baik kinerjanya, terutama dalam memberikan jaminan bahwa hewan qurban sapi dan kambing dinyatakan sehat oleh instansi yang berwenang. Selain itu secara spiritual juga diungkapkan, dengan ibadah qurban dapat melepaskan ego kepemilikan, karena sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah dan kepada Allah akan kembali. 

Terus berbenah dan berbenah terus. DKM Baitul Hikmah terus berbenah dan berbenah terus untuk mewujudkan impian memberikan pelayanan dan hasil yang terbaik. Melalui 3 pendekatan yang diaktualisasikan dalam aksi di lapangan terbangun value creation. Aspek manusia : membentuk panitia Idul Adha 1443 H  yang siap melayani jamaah mulai dari pengadaan dan  penerimaan bagi para muqorrib kemudian penyaluran daging hewan qurban bagi para mustahik. Dari sisi muqorrib keistiqomahan, antusias, loyalitas dan kepercayaan semakin meninggi dengan diindikasikan semakin banyak titipan hewan qurban ke Masjid Baitul Hikmah bahkan ada muqorrib yang saat ini berada di manca negara antara lain Malaysia, Qatar dan Jepang.

Aspek proses : Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada Ahad, 10 Juli 2022 mulai pk 08.00 wib di area tertutup dan terbatas dengan melibatkan para jagal dan panitia tinggal membungkus, menimbang dan menyalurkannya. Pendistribusian dengan pola kupon dan pendistribusiannya secara terpusat  di masjid Baitul Hikmah sebagai upaya bersama masjid menjadi center of education jamaah. Daging hewan qurban dibagikan kepada para mustahik dengan sebanyak 3.430 bungkus dengan berat 0,8 kg daging qurban yang mustahiknya terdri dari perorangan dan kolektif melalui proposal.

Aspek equipment : Untuk mematuhi prokes Covid-19 dan kesehatan hewan terbebas dari wabah PMK maka setiap hewan qurban dibuktikan dengan sertifikasi SEHAT yang masih berlaku dan diterbitkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Pemkot Tangerang Selatan. Sarana dan prasarana penembelihan hewan qurban yang semakin komplit, pake atap untuk area untuk pencacahan dan pembungkusan daging hewan, bersih lingkungannya, memenuhi persyaratan higienis dan minimize risiko.

Masjid Baitul Hikmah merupakan 1 dari 2 masjid yang menjadi sampling kunjungan petugas kesehatan hewan dari Kementerian Pertanian Pusat dan bahkan mendapatkan pengakuan masjid yang paling baik persiapan dan sarananya selama kunjungan sehingga bisa menjadi model bagi masjid yang lainnya.

Dari prestasi bersama tersebut sudah selayaknya tercurah ucapan  terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan para muqorrib yang berkenan menitipkan hewan qurban di Masjid Baitul Hikmah (umat Islam di Nusaloka dan sekitarnya yang saat ini berkembang bersama saudara-saudara kami di Savia dan Kireina bahkan ada yang dari manca negara) dengan iringan doa semoga ibadah Qurban kita diterima dan mendapat berkah dari Allah serta menebarkan manfaat bagi kemaslahatan umat.

Kunjungan datang tetap senang. Sebuah ungkapan rasa syukur dan tertantang atas kunjungan tim kesehatan hewan qurban dari kelurahan Rawa Mekar Jaya terdiri dari 2 orang  terkesan dengan kesiapan dan kelengkapan sarana dan prasarana penyembelihan hewan qurban serta tenaga yang bertugas (tim jagal) yang bekerja secara profesional. Hadir juga Tim Pemantauan Hewan Kurban Pemkot Tangerang Selatan yang beberapa orang dokter hewan maupun petugas yang memiliki kapabilitas dan kapasitas di bidang kesehatan hewan kurban. Tim Pemantauan Hewan Kurban pun mengapresiasi kerja panitia dengan baik dan fasilitas sudah baik. Proses pengemasan jeroan sudah baik dan yang perlu dikembangkan ke depan adalah tempat penanganan jeroan yang secara terpisah dengan aktivitas yang lainnya.

Harapan bersama ibadah Qurban. Qurban yang bermuatan kesalehan spiritual dan kesalehan sosial ini dapat memperkuat soliditas, solidaritas dan sinergitas umat Islam dan menghadirkan manfaat serta rahmatan lil ‘alamin. Ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu, mendukung dan berkontribusi sukses dan berkahnya rangkaian acara ibadah Qurban 1443 H : guru kami Ustadz Ishak Sholih, S.Sos, MM, manajemen Islam Healthy Hospital, sekolah Solideo BSD, sekolah Raudhah BSD Nusaloka, Polsek Serpong, Ketua RW 07 dan para Ketua RW di lingkungan Nusaloka, tokoh masyarakat dan warga di sekitar masjid Baitul Hikmah,  panitia pelaksana yang begitu semangat dan gigih untuk memberikan pelayanan dan hasil yang terbaik, para ustadz dan santri Markaz Hadits, ibu-ibu muslimah, para remaja masjid, petugas security RW 07, tim  jagal dan yang lainnya.

Semangat perbaikan tetap berkelanjutan. Untuk memberikan yang terbaik dibutuhkan kerja keras sesuai dengan target yang telah disepakati bersama, kerja cerdas dengan menggunakan piranti dan ilmu yang sesuai, kerja tuntas sebagai hasil dari upaya yang dilakukan dan kerjas ikhlas atas apa yang dilakukan adalah ketulusan beribadah kepada Allah. Sebagai proses dan perjuangan panjang masih dirasa ada kekurangan dan khilaf yang terjadi sehingga dengan senang menerima peluangan untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

Sebagai icon dan khas Masjid Baitul Hikmah sebagai zona berpantun Islami maka ada pesan moral Pantun sebagai berikut :

“Ada pesta ada hadiah. Hadiah dibuka isinya arloji. Mari kita rayakan Idul Adha yang penuh berkah, untuk menggapai Cinta yang Hakiki”.

“Kecil-kecil buah duku, kalau besar buah alpukat. Mari kita saling membantu, bersama tebarkan manfaat”.(BTL)

No More Posts Available.

No more pages to load.