, , ,

Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia Vila Dago Pamulang Tak Menggelar Shalat Idul Adha 1442 Hijriah

oleh -1.540 views
Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia Tak Menggelar Shalat Idul Adha

MediaBantenCyber.co.id (MBC) Kota Tangerang Selatan, Melalui surat edaran resminya Nomor: 07/YIKI/VII/2021 tertanggal 14 Juli 2021, Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia Villa Dago Pamulang secara resmi mengumumkan kepada publik umumnya dan kepada jamaah Masjid Raya Alkautsar Vila Dago khususnya, bahwa Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia bersama DKM Masjid Raya Alkautsar Villa Dago Pamulang tidak menggelar dan tidak menyelenggarakan kegiatan shalat Idul Adha 1442 Hijriah atau tahun 2021.

Tampak hadir dalam keterangan Persnya pada Minggu (18/07/2021) siang, H. Yoyo Adi Sunaryo selaku Dewan Pembina, Dr. H. Zuhdi dan Drs. H. Susanto E.P selaku Dewan Pengawas, H. Juni Sukasmono Ketua umum Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia yang juga menjabat sebagai ketua Satgas Covid -19 Vila Dago Pamulang, Ujang Karmana Arya Sekjen Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia, H. Ali Akbar Bendahara umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangsel serta H. Abdul Wakid jamaah Masjid Raya Alkautsar Villa Dago Pamulang yang juga menjabat sebagai ketua RW di Perumahan Suradita Cisauk.

Baca Juga : Pelanggan Keluhkan Layanan Internet IndiHome

Menurut Ketua umum Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia H. Juni Sukasmono, keputusan meniadakan kegiatan shalat Idul Adha 1442 Hijriah di masjid Alkautsar Villa Dago Pamulang tersebut didasarkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena adanya penerapan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Tangerang serta beberapa pertimbangan hal lain, di antaranya:

  1. Lonjakan kasus positif Covid-19 di Tangerang Selatan khususnya di Villa Dago, akibat sebaran virus varian baru masuk kategori level 4 (sangat tinggi), dengan jumlah kematian 5 – 10 % dari jumlah yang terpapar.
  2. Kepentingan untuk pengendalian wabah menular dan memastikan masyarakat/jamaah, tetap sehat tidak terpapar Covid-19, 
  3. Serta kondisi darurat fasilitas kesehatan, kini hampir menyentuh angka 90%.
  4. Surat Edaran Walikota Tangerang Selatan No. 443/2395/Huk, Tanggal 12 Juli 2021. 

a Pada point 1 angka 6 dinyatakan bahwa tempat ibadah tidak mengadakan kegiatan keagamaan berjamaah selama PPKM
Darurat. 

b. Pada point 1 angka 12 dinyatakan setiap orang dapat dikenakan sanksi bagi yang melakukan pelanggaran dalam rangka pengendalian wabah penyakit.

  1. Hasil keputusan musyawarah Dewan Pembina, Dewan Syuro, Dewan Pengawas, Pengurus Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia dan DKM Masjid Raya, nomor 06/YIKI/VII/2021 tanggal 13 Juli 2021.

Kesatu: Masjid Raya Alkautsar tidak menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1442 H/ 2021.

Kedua: Masjid Raya Alkautsar tetap menyelenggarakan Pemotongan Hewan
Qurban pada tanggal 20 Juli 2021, dengan ketentuan:

  1. Menerapkan pembatasan jumlah orang yang terlibat dalam kegiatan pemotongan Hewan Qurban.
  2. Tidak membagikan hewan Qurban di lokasi, tetapi membagikan langsung kepada rumah/lembaga penerima hewan Qurban.
  3. Setiap orang yang terlibat dalam pelaksanaan pemotongan Hewan Qurban wajib penyertakan hasil negative Antigen/PCR pada H -1 pemotongan hewan Qurban.
  4. Peraturan dan tata tertib prokes Lainya sesuai yang diwajibkan oleh Satgas Covid-19. 

Demikian Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Yayasan Islamiyah Alkautsar Indonesia beserta DKM Masjid Raya Alkautsar Villa Dago Pamulang untuk menjadi perhatian publik dan juga jamaah Masjid Raya Alkautsar Vila Dago Pamulang.(BTL)